Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari
sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian
perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan
mengkoordinasi keputusan pemasaran. Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi
pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi
pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.
Perencanaan yang harus disiapkan seperti yang dijelaskan oleh
Bygrave yaitu analisa analisa situasi perusahaan dan lingkungannya, analisa dan
penilaian peluang, kekuatan, kelemahan, dan kendala yang dihadapi oleh pasar.
Sebelum menyusun marketing plan maka wirausaha harus mengetahui
seluk beluk atau konsep-konsep pemasaran dan segala informasi telah
dikumpulkan, maka seorang wirausaha baru menulis marketing plannya.
Untuk menyusun marketing plan maka perlu dijawab tiga pertanyaan
berikut :
1)
Where have we been?
2)
Where do we want to go?
3)
How
do we get there?
(Hisrich-peters, 1905: 139)
Pertanyaan diatas perlu diidentifikasi dan dijawab dari mana kita
berangkat? Untuk itu harus diperhatikan latar belakang perusahaan, bagaimana
keadaan persaingan, serta bagaimana peluang dan kendala yang dihadapi.
Kemudian kemana arah yang dituju? Disini perlu ditetapkan sasaran
marketing untuk masa yang akan datang.
Lalu bagaimana mencapai sasaran itu? Disinilah perlu ditetapkan
strategi pemasaran. Mungkin juga perlu dilakukan penelitian pemasaran. Anggaran
belanja perlu disiapkan untuk pelaksanaan rencana ini.
Apa yang dimaksud dengan marketing plan? The marketing plan
inludes a situation analysis that in large part comprises a market opportunity
analysis and an assessment of the existing or potential business’ strenght,
weaknesses, threats, and opportunities in the marke tplace. (Bigrave, 1994:
73).
Marketing plan ini adalah merupakan bagian dari business plan.
Perencanaan yang harus disiapkan seperti dijelaskan oleh Bygrave adalah analisa
situasi perusahaan dan lingkungannya analisa dan penilaian peluang, kekuatan,
kelemahan, kendala yang dihadapi dipasar. Juga harus digambarkan sasaran
konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan. Jadi inti kegiatan dari
marketing ini adalah :
1.
Analisa
situasi lingkungan dan peluang pasar
2.
Mengembangkan
sasaran pemasaran
3.
Menetapkan
strategi pemasaran
4.
Menciptakan
taktik atau tindakan pelaksanaan
Karakteristik dari suatu marketing plan yang baik harus memenuhi
beberapa kriteria yaitu:
v Harus didasarkan pada fakta dan asumsi yang benar tentang siapa
target market, dimana lokasi mereka, berapa besar kemungkinan daya serapnya.
v Bagaimana teknik promosi yang efektif.
v Bagaimana perubahan harga dipasar.
v Bagaimana saluran distribusi.
v Bagaimana keadaan saingan.
v Bagaimana S W O T dari perusahaan
v Siapkan sumber-sumber yang diperlukan seperti : sumber daya
manusia, keuangan, fasilitas perawatan dan sebagainya.
Seperti diketahui bahwa pemasaran merupakan kegiatan yang amat
penting dalam operasional suatu bisnis. Tidak peduli apakah bisnis anda
bergerak dalam sektor industri kecil, tingkat menengah, apalagi industri besar.
Atau anda bergerak dalam bidang perdagangan besar, perdagangan eceran,
pertokoan, atau mungkin pula anda bergerak dalam bidang penjualan jasa,
transportasi, penginapan, biro perjalanan, kegiatan rekreaksi, dan sebagainya,
pemasaran menempati posisi utama.
Lihatlah bagaimana perkembangan posisi bagian pemasaran dalam
sebuah perusahaan mulai sejak berdiri sampai perusahaaan menjadi besar.
Pada
tahap perusahaan baru didirikan posisi bagian produksi, keuangan, personalia,
dan pemasaran kira-kira sama pentingnya. Akan tetapi, begitu perusahaan
mengalami kemajuan, maka porsi perhatian lebih besar diberikan kebagian
pemasaran, dan lebih khusus lagi fokusnya ialah ”langganan”. Ini bukan berarti
bagian-bagian lain didalam perusahaan tidak penting, semua bagian adalah
penting, tetapi perhatian utamanya ialah bagian pemasaran yang akan berhadapan
langsung dengan publik, yang sangat menentukan keberhasilan/kegagalan suatu
usaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar